Widget HTML Atas

10 Cara memperbaiki google chrome yang tidak bisa dibuka di laptop dan Android

Konten [Tampil]

 

Cara memperbaiki google chrome yang tidak bisa dibuka di laptop dan Android

Cara memperbaiki google chrome yang tidak bisa dibuka di laptop dan Android - Google Chrome sebagai salah satu browser yang terbanyak dipakai pada perangkat Android, iOS, sampai Windows. Pada perangkat Android, Google Chrome jadi browser bawaan.

Karena jumlahnya pengguna yang terhubung internet lewat handphone, Google Chrome menjadi prioritas khusus pengguna saat ingin melakukan browsing. Stabilitas dan keamanan Google Chrome tidak bisa ditandingi oleh browser mana saja.

Meski begitu, beberapa pengguna ada pula yang mempunyai masalah saat buka/ terhubung halaman di Google Chrome. Kita juga tahu jika Google Chrome buatan manusia yang pasti mempunyai kekurangan. Terkadang saat memakai Google Chrome ada pesan error, hang, dan macet.

Bahkan juga tak jarang Google Chrome alami not responding. Penggunaan memory RAM yang lumayan tinggi jadi alasan ini umum terjadi.

Untuk mengatasi permasalahan itu, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Lewat artikel ini saya akan memberi beberapa tips mengatasi Google Chrome error, macet, dan tidak bisa akses situs web/ halaman. Baca ulasannya di bawah ini.

Baca juga : Kenapa google chrome tidak bisa dibuka di hp dan Cara Mengatasinya

Cara memperbaiki google chrome yang tidak bisa dibuka di laptop / PC

Untuk Anda yang mempunyai permasalahan pada Google Chrome di PC / laptop (terutama Windows 10, 8.1, 8, dan 7), Anda bisa coba beberapa jalan keluar sederhana di bawah ini.

1. Task Manager Google Chrome

Pertama Anda bisa menutup dan membuka kembali browser Google Chrome Anda. Bila Anda sedang mempunyai permasalahan not responding biasanya karena membuka tab yang kebanyakan. Sebetulnya, membuka banyak tab sekalian tidak masalah jika resource memory RAM laptop/ computer Anda mencukupi. 

Tetapi jika tidak, usul saya lebih bagus batasi dalam buka banyak tab. Jika Google Chrome Anda tidak bisa di tutup dengan manual, Anda bisa melakukan melalui Task Manager untuk menutupnya secara paksa.

  • Klik kanan pada Taskbar -> pilih Task Manager.
  • Selanjutnya pilih Google Chrome.
  • Klik End Task untuk menutup program secara paksa.
  • Selesai.

Sesudah menutup program itu, coba membuka kembali dan lihat hasilnya. Jika bermasalah, coba ikuti panduan selanjutnya.

2. Restart Laptop Anda

Cara selanjutnya, coba restart / muat ulang computer Anda. Kadang program / halaman yang ingin dibuka tidak jalan secara benar. Dengan melakukan re-start, harapannya program bisa kembali normal.

3. Scan memakai Antivirus

Selanjutnya coba scan komputer (khususnya google Chrome) memakai Antivirus. Siapa yang tahu ada malware atau Add-on yang sebetulnya membuat Google Chrome bermasalah. Terkadang beberapa Add-on mengambil data pemakai dimulai dari history, data login, bookmark, dan yang lain. Karena itu, Anda pun perlu waspada saat ingin menginstal Add-on/ perpanjangan pada browser.

Anda bisa pakai Windows Defender untuk scan drive C dan melihat adakah malware/ virus mencurigakan. Disamping itu, Anda bisa memakai Antivirus dari pihak ke-3 seperti Avast, Kaspersky, AVG, dan yang lain.

4. Install ulang aplikasi Google Chrome

Pilihan yang lain bisa Anda lakukan coba dengan hapus dan install kembali Google Chrome Anda. Peluang ada bugs pada Google Chrome yang membuat program tidak berjalan baik. Anda bisa hapus Google Chrome lewat fitur Apps dan features Windows.

  • Membuka menu Settings -> Apps -> Apps dan features.
  • Temukan dan pilih Google Chrome.
  • Klik Uninstall untuk hapus program.
  • Konfirmasi dengan Uninstall dan ikuti proses penghapusan program sampai sukses,
  • Selesai.

Setelah menghapus program, pakai CCleaner untuk bersihkan registry, cache, cookies, dan lain-lain sampai benar-benar bersih. Kemudian, restart komputer Anda dan coba install kembali Google Chrome.

5. Hapus ekstensi di Google Chrome

Ekstensi/ Add-on pada Google Chrome benar-benar sangat membantu pengguna saat lakukan bermacam hal yang tidak bisa dilakukan browser.

Seperti misalnya VPN yang bisa dipakai untuk terhubung situs yang di blokir, buka dan mengubah dokumen secara off-line, unduh video, dan ada banyak kembali.

Tetapi kadang ada banyak ekstensi yang mungkin ada bugs sehingga Google Chrome tidak berjalan baik. Apa lagi jika ekstensi di ambil dari situs pihak saat (bukan dari Google).

  • Membuka Google Chrome Anda, klik icon tiga titik yang berada di bagian atas.
  • Pilih Fitur yang lain » Ekstensi.
  • Bisa dengan cara cepat dengan memuat halaman chrome://extensions/
  • Hapus perpanjangan yang sekiranya mencurigakan.
  • Selesai.

Sesudah hapus ekstensi mencurigakan, muat ulang Google Chrome. Pastikan kembali Google Chrome berjalan dengan normal tanpa masalah apa saja.

Baca juga : 10 Cara mengatasi situs ini tidak dapat dijangkau di chrome android

6. Membuka halaman menggunakan browser selain Chrome

Jika Anda mempunyai permasalahan dalam memuat halaman di Google Chrome, Anda bisa coba memakai browser lain seperti Microsoft Edge, Mozilla Firefox, dan sejenisnya.

Kadang beberapa browser tidak bisa berisi halaman sepenuhnya, karena mungkin adanya plugin AdBlock, code website yang tidak dukungan dengan browser, ada Add-on penghalang, dan yang lain.

Jika dengan browser lain bisa terbuka, coba perbaiki kembali Google Chrome Anda. Hapus dan install kembali Google Chrome, hapus semua ekstensi, selanjutnya membuka dan muat halaman di Google Chrome kembali.

Cara memperbaiki google chrome yang tidak bisa dibuka di HP Android

Selain pada komputer/ laptop, permasalahan Google Chrome terjadi pada perangkat Android. Permasalahan error-pun berbagai macam, dimulai dari pesan error terhenti, force close, tidak bisa searching, dan lain-lain. Untuk Anda yang mempunyai permasalahan Google Chrome Android, Anda bisa ikuti beberapa tipsnya di bawah ini.

1. Tutup semua aplikasi berjalan

Yang pertama, Anda coba tutup semua aplikasi yang berjalan pada latar belakang, (termasuk Google Chrome bila Anda membuka). Karena kemungkinan lag, force close, dan hang bisa jadi karena memory RAM dan internal yang penuh. Karena itu, tutup semua aplikasi yang Anda jalankan. Kemudian, coba membuka kembali Google Chrome Anda.

Perlu diperhatikan jika Anda memakai handphone Android kelas menengah ke bawah. Pastikan untuk membatasi dalam buka aplikasi/ games (tidak secara bersamaan). Ini Anda lakukan supaya RAM dan Intern bisa terbagi secara baik. Bila perlu Anda bisa menonaktifkan beberapa aplikasi yang jarang dipakai.

2. Hapus data Google Chrome

Selanjutnya, coba hapus data aplikasi Google Chrome. Hapus data akan membuat aplikasi kembali ke posisi standar, bersihkan history, cache, cookies, dan data login. Sesudah hapus data aplikasi, Anda coba buka Google Chrome kembali.

  • Membuka Pengaturan -> Aplikasi dan notifikasi -> Aplikasi.
  • Temukan dan juga pilih Chrome.
  • Pilih Penyimpanan -> pilih Kelola Ruang.
  • Tap Kosongkan Ruang untuk bersihkan semua sampah.
  • Selesai.

3. Update Google Chrome

Bila dengan hapus data tidak menyelesaikan permasalahan, coba dengan update Google Chrome. Mengupdate Google Chrome langsung dari Google Play Toko. Tujuan update pasti untuk mengoptimalkan stabilitas aplikasi. Pengembang tentu terus lakukan pembaruan supaya Google Chrome bisa berjalan baik.

  • Membuka Google Play Store.
  • Dapatkan dan pilih Google Chrome.
  • Click Update untuk mengupdate aplikasi.
  • Tunggu hingga proses up-date berhasil dilakukan.
  • Selesai.

4. Membuka halaman dengan browser lain

Bila Anda mempunyai permasalahan dalam pemuatan halaman di Google Chrome, coba pakai alternative browser lain, bisa Firefox, Drama, Microsoft Edge, dan semacamnya.

Beberapa pemakai kemungkinan menemukan permasalahan dalam pemuatan halaman tertulis err_connection_closed, err_connection_failed, tidak ada internet, dan semacamnya.

Bila halaman bisa di akses memakai browser lain, karena itu peluang ada yang keliru dengan Google Chrome Anda. Coba reset dan kembalikan ke setel standar Google Chrome.

Tetapi bila di browser lain tidak bisa di akses, karena itu peluang jaringan internet Anda memiliki masalah. Coba periksa modem, router, sinyal pada handphone, dan yang lain.

Demikian artikel di atas mengenai Cara memperbaiki google chrome yang tidak bisa dibuka di laptop dan Android. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi pembaca. Mohon Maaf dan Terima Kasih.

Tidak ada komentar untuk "10 Cara memperbaiki google chrome yang tidak bisa dibuka di laptop dan Android"