Widget HTML Atas

Kenapa google chrome tidak bisa dibuka di hp dan Cara Mengatasinya

Konten [Tampil]

 

Kenapa google chrome tidak bisa dibuka di hp dan Cara Mengatasinya

Kenapa google chrome tidak bisa dibuka di hp, Berikut Cara Mengatasinya! - Aplikasi penelusuran google chrome sudah terpasang disemua perangkat lunak yaitu seperti samsung galaxy, oppo, lenovo, asus zenfone, redmi atau xiaomi, htc, lg, motorola, smartfren atau andromax, sony experia, vivo, meizu, advan, acer, huawei, oneplus, zte, axio, infinix hot serta berbagai macam merek android yang lainnya.

Bagi para pengguna android yang versi lama pasti tidak asing dengan yang namanya force close dan biasanya force close tersebut disebabkan karena penyimpanan internal Hp android penuh.

Google chrome tidak merespon ketika RAM dan memori pada Hp android penuh, dan akibatnya akan timbul notif  “sayangnya google chrome telah berhenti” atau “unfortunately google chrome has stopped” umumnya sering disebut dengan force close (tutup paksa).

Baca juga : 10 Cara mengatasi situs ini tidak dapat dijangkau di chrome android

Kenapa google chrome tidak bisa dibuka di hp

Masalah google chrome ini tentu akan menghilangkan kenyamanan bagi para penggunanya, termasuk kalian sendiri. Merasa tidak nyaman ketika google chrome lambat merespon atau tidak bisa digunakan karena sering force close.

Selain itu, penyebabnya cukup banyak, berikut ini beberapa kemungkinan penyebab Kenapa google chrome tidak bisa dibuka di hp :

1. RAM HP Android sudah penuh

Biasanya untuk membuka aplikasi di hp android seperti google chrome dibutuhkan yang namanya memori. Berfungsi untuk memanggil dan menjalankan setiap aplikasi yang akan diakses secara langsung.

Jika memori di hp Android terlalu kecil, apalagi jika ada banyak aplikasi yang sedang dijalankan secara otomatis google chrome akan sulit untuk dibuka.

2. File cache Google Chrome terlalu besar

Aplikasi google chrome yang terpasang di android biasanya otomatis akan menyimpan data berupa file cache yang mana file ini menyimpan semua data-data aktifitas pencarian ketika Anda sedang menjalankannya.

Setiap file cache mempunyai ukuran file yang kelamaan akan menumpuk dan akan membuat kinerja google chrome ini menjadi berat atau bahkan error.

3. History Google Chrome cukup banyak

Yang namanya history atau jejak pencarian akan tersimpan selalu di aplikasi google chrome. Secara tidak sadar ketika menggunakan google chrome akan banyak riwayat penelusuran yang tersimpan. Hal ini akan membuat history google chrome lama – lama  akan semakin menumpuk.

Apalagi jika history yang tersimpan dibiarkan terus menerus akan mengakibatkan aplikasi google chrome menjadi lemot bahkan error atau tidak bisa dibuka sama sekali di hp.

4. Aplikasi Google Chrome belum update

Setiap aplikasi yang jarang atau tidak pernah di update biasanya membuat aplikasi google chrome mengalami bug atau error ketika dijalankan. Biasanya aplikasi yang update akan mendapatkan fitur dan akses yang aman dan cepat dari yang sebelumnya.

Aplikasi google chrome yang belum terupdate tentunya akan sulit diakses dan dibuka, maka agar aplikasi ini bisa berjalan dengan baik dan cepat, lakukan update dari aplikasi google playstore.

Silakan cek aplikasi google chrome di playstore jika tersedia update silakan update ke versi yang paling terbaru agar lebih stabil ketika akan digunakan.

5. Ruang Penyimpanan Android Full

Ruang penyimpanan android yang sudah penuh adalah salah satu penyebab dari aplikasi google chrome tidak bisa update ke versi terbaru. Tidak cukupnya ruang penyimpanan ini terjadi karena banyak aplikasi yang terisntall dan digunakan didalam perangat android yang dipakai.

Selain terdapat aplikasi yang terpasang, ternyata masing-masing aplikasi juga membutuhkan update agar tidak terjadi error.

Oleh karena itu siapkan ruang penyimpanan yang cukup agar aplikasi bisa update dalam versi terbaru dan jangan lupa lakukan restart agar aplikasi bisa kembali berjalan secara normal.

Cara Mengatasi google chrome tidak bisa dibuka di hp

Aplikasi google chrome ini sering memakan banyak ruang (space) untuk mengelola banyaknya history dan cache data karena terlalu sering membuka tab atau halamab baru.

Untuk memperbaiki chrome ini ada beberapa cara dan langkah yang harus Anda perhatikan.

1.Tutup tab dan aplikasi lain di Hp

Hp atau tablet Android mungkin kehabisan memori dan tidak bisa memuat situs sambil menjalankan aplikasi dan program lainnya. Oleh karena itu Anda harus menutup aplikasi lainnya yang sedang berjalan atau dibuka.

Untuk cara menutup tab aplikasi yaitu sebagai berikut :

  • Pertama klik tab jendela aplikasi di bagian bawah ringkasan hp (samping tombol “kembali”)
  • Tutup setiap tab aplikasi, bisa juga kecuali yang menampilkan pesan error.
  • Keluar dari aplikasi atau program lainnya yang sedang berjalan.
  • Jeda proses download file atau aplikasi yang sedang Anda lakukan.
  • Coba muat ulang google chrome yang tidak bisa dibuka di hp.

2. Restart ulang Hp atau tablet Android

Program atau aplikasi lainnya terkadang membuat halaman google chrome tidak bisa dibuka dengan benar. Oleh karena itu sebaiknya Anda merestart ulang Hp.

Berikut cara mengatasi google chrome tidak bisa dibuka di hp :

  • Tahan tombol on off.
  • Pilih opsi restart dan tunggu sampai Hp kembali menyala.
  • Setelah itu coba muat kembali halaman tersebut.

3. Uninstall Google Chrome

Untuk mengetahui apakah terjadi masalah pada halaman web atau Chrome, coba buka pencarian halaman di browser lainnya. Misalnya, gunakan Firefox atau Safari untuk memuat halaman.

Jika pencarian halaman bisa dimuat pada browser lainnya, coba uninstal google Chrome lalu install ulang. Mungkin ada yang tidak beres dengan profil Chrome Anda dan menjadi penyebab kenapa google chrome tidak bisa dibuka di hp.

  • Pertama masuk ke menu setting -> Aplikasi terinstall -> pilih Google Chrome
  • Uninstal Chrome dan pastikan Anda juga menghapus datanya.
  • Setelah itu, install ulang google Chrome lagi.

Jika pencarian halaman tidak bisa dimuat di browser lain, mungkin jaringan internet Anda atau situs mengalami masalah.

4. Bersihkan Riwayat Penelusuran Google Chrome

Tidak ada salahnya jika melakukan percobaan demi aplikasi chrome Anda pulih kembali.

Jika kalian searching menggunakan google chrome maka akan terjadi yang namanya penyimpanan history pencarian web.

Oleh karena itu, harus memberisihkan dengan cara masuk ke browser -> tap kanan -> riwayat -> hapus data penjelajah atau penelusuran.

Jika tidak ingin repot dengan cara ini, silakan gunakan mode penyamaran agar history penelusuran Anda tidak membebani kinerja aplikasi google chrome.

Demikian artikel di atas mengenai Kenapa google chrome tidak bisa dibuka di hp dan Cara Mengatasinya. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi pembaca. Mohon Maaf dan Terima Kasih.

Tidak ada komentar untuk "Kenapa google chrome tidak bisa dibuka di hp dan Cara Mengatasinya"