Widget HTML Atas

Tidak bisa masuk akun google setelah factory reset dan Cara Mengatasinya

Konten [Tampil]

 

Tidak bisa masuk akun google setelah factory reset dan Cara Mengatasi - Biasanya setelah reset data atau factory reset handphone ,maka perangkat itu terdaftar sebagai perangkat baru. Akun yang disuruh untuk login adalah akun yang pertama kali Anda pakai pada handphone itu.

Tidak bisa masuk akun google setelah factory reset dan Cara Mengatasi - Biasanya setelah reset data atau factory reset handphone ,maka perangkat itu terdaftar sebagai perangkat baru. Akun yang disuruh untuk login adalah akun yang pertama kali Anda pakai pada handphone itu.

Kamu bisa mencoba untuk mengembalikan akun Anda dengan Support Akun. Berikut salah satu cara untuk menunjukkan kepemilikan akunmu ke Google supaya kamu bisa memperoleh akses masuk ke akun Anda kembali.

Supaya pemulihan bisa berjalan baik, ikuti beberapa hal berikut ini :

  • Pastikan kamu memakai jaringan internet, perangkat (tablet, handphone, atau komputer), dan lokasi yang sering atau pernah Anda pakai mengakses akun itu.
  • Isi semua pertanyaan yang ada pada formulir pemulihan akun (password yang pernah digunakan, alamat e-mail, atau nomor ponsel). Bila kamu tidak percaya atau tidak mengetahui dengan jawaban itu, kamu bisa menebaknya.
  • TIDAK melakukan pengisian formulir berulang-kali sebelum anda memperoleh jawaban akhir dari Google karena akan menghalangi proses pemulihan yang berjalan.

Mengalami permasalahan handphone android tidak bisa masuk akun Google setelah factory reset? Kamu bisa coba beberapa metode mengatasinya di bawah ini.

Sebagai pengguna handphone android, kamu kemungkinan menemukan berbagai permasalahan yang mana sebetulnya cara mengatasinya cukup mudah.

Salah satu permasalahan yang sering ditemukan ialah tidak bisa masuk akun Google setelah factory reset. Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Baca juga : 5 Cara memperbaiki google chrome yang tidak bisa membuka website

11 Cara Mengatasi Tidak Bisa Masuk Akun Google Setelah Factory Reset

Saat handphone baru saja di reset atau factory reset, semua aplikasi atau pengaturan akan balik ke awal yang mana sama juga memakai handphone baru.

Nach di sini akun Google kamu akan secara otomatis log out, dan kamu diwajibkan untuk login kembali ke akun Google atau Gmail itu agar dapat menggunakan handphone.

Apabila mengalami masalah tidak bisa masuk akun Google setelah factory reset. Jangan cemas, kamu bisa memakai metode di bawah ini.

1. Pastikan Gmail dan Password Akun Google Benar

Pertama, kamu harus pastikan jika password dan alamat gmail kamu benar, untuk mengetahuinya lumayan gampang, kamu perlu login gmail di perangkat browser.

Silakan coba kunjungi https://accounts.google.com, selanjutnya masukan alamat gmail dan password kamu untuk pastikan apa gmail benar atau tidak.

Jika dirasa telah benar, karena itu selanjutnya lakukan login kembali ke perangkat Android, maka permasalahan tidak bisa masuk akun Google setelah factory reset bisa terselesaikan.

2. Buat Akun Gmail Google Baru

Kedua kamu bisa membuat akun gmail baru untuk mengatasi permasalahan tidak bisa masuk akun Google setelah factory reset. Caranya lumayan gampang, kamu bisa melakukan pada handphone atau PC.

Saat handphone dihidupkan akan ada pilihan untuk memasukkan gmail, di sini kamu hanya perlu untuk klik daftar gmail baru dan melakukan langkah sampai selesai.

Bila lewat PC, kamu bisa memakai Google Chrome atau Browser yang lain, silakan ke https://mail.google.com, selanjutnya buat akun gmail baru, karena itu lanjutkan dengan login lewat handphone.

3. Update Google Play Service

Selanjutnya silakan coba periksa aplikasi bernama Google Play Service, yang mana aplikasi ini penting supaya kamu bisa memakai produk Google.

Caranya lumayan gampang, silakan ke Settings > Aplikasi Management > Apps List > Google Play Service. Silakan up-date beberapa aplikasi itu dengan cari versi terbaru dari Google.

Karena belum login akun gmail, jadi kamu tidak bisa mengunduhnya lewat Google Play Store, sebagai alternative, silakan membuka pencarian Google, dan mencari versi terbaru.

Setelah dipasang versi terbaru, silakan coba kembali untuk login memakai akun gmail kamu.

Baca juga : 10 Cara memperbaiki google chrome yang tidak bisa dibuka di laptop dan Android

4. Gunakan aplikasi Google Play Servis

Cara mengatasi tidak bisa masuk akun google setelah factory reset selanjutnya, Google Play Servis atau mungkin lebih kita kenal sebagai Service Google Play sebagai aplikasi bawaan yang ada di semua handphone berbasis android.

Walau sekilas, tidak ada efek apapun saat kita buka aplikasi ini. Tetapi sebenarnya, Google Play Servis mempunyai beberapa peran yang sangat penting, seumpama menyikronkan kontak yang berada di handphone, otentifikasi Google Servis, sebagai service berbasis lokal, dan lain-lain.

Jika anda memang tidak bisa login ke akun google yang berada di handphone, maka coba mengambil dan memasang ulang aplikasi ini. Setelah itu, kembali lakukan login pada akun google yang dipunyai.

5. Bersihkan cache Akun Google

Silakan masuk pada menu pengaturan yang berada di handphone, selanjutnya membuka Aplikasi lalu klik di bagian Kelola Aplikasi. Setelah itu pada tab Semua klik Pengelolaan Akun Google dan tekan tombol Hapus Data/ Cache. Begitu telah selesai, coba login kembali lagi ke akun google yang anda miliki.

6. Setting waktu Google

Nach, cara lainnya dengan lakukan setting waktu. Caranya, silakan masuk pada menu penataan. Setelah itu, di bagian Sistem, klik Tanggal dan Waktu.

Selanjutnya centang Tanggal dan Waktu otomatis yang disediakan oleh jaringan operator. Jika sudah, restart / reboot handphone anda dan silakan coba kembali untuk login ke akun google.

7. Mengakses akun google melalui PC

Bukalah alamat website resmi google play-store melalui PC yang dipunyai. Jika anda belum mengetahui alamatnya, silakan klik link berikut http://play.google.com//toko. 

Jika sudah masuk ke alamat websitenya, login ke akun google. Setelah itu, coba kembali untuk login lewat handphone android anda.

Baca juga : Kenapa google chrome tidak bisa dibuka di hp dan Cara Mengatasinya

8. Periksalah sistem operasi yang ada di handphone

Pastikan terlebih dahulu jika anda menggunakan versi terbaru dari sistem operasi yang telah disiapkan. Untuk langkah-langkahnya, silakan membuka menu pengaturan, selanjutnya klik Tentang Ponsel.

Setelah itu, tekan di bagian Pembaharuan Mekanisme, lalu klik Periksa Versi Baru Sekarang ini. Jika sudah, coba kembali untuk login ke akun google.

9. Periksa jaringan internet yang berada di ponsel anda

Jika anda menggunakan koneksi internet, silakan pastikan APN dari provider SIM sudah diisi secara benar. Anda bisa menggunakan jaringan Wifi untuk mengecek apa akun google yang anda miliki bisa dijangkau secara normal atau tidak.

Bila akun itu ternyata bisa dijangkau dengan memakai jaringan Wifi, berarti permasalahannya berada pada jaringan yang berada di kartu SIM Anda. Jika sudah begitu, silahkan tukar SIM card dengan yang baru.

10. Delete dan tambahkan kembali akun Google

Masuk kembali lagi ke menu Pengaturan di handphone anda. Selanjutnya di bagian Akun, pilih Google. Setelah itu klik akun yang bermasalah, lalu tekan ikon tiga titik yang berada di pojok atas kanan, lalu pilih Hapus Akun.

Jika langkah barusan telah usai silakan kembali lagi ke menu Akun dan klik pada bagian Lebih Akun selanjutnya tekan Google. Anda bisa coba kembali untuk login ke akun google anda.

11. Hapus pembaharuan aplikasi, selanjutnya update kembali

Pada handphone android anda, silakan masuk pada menu Pengaturan. Klik di bagian Aplikasi lalu pilih Kelola Aplikasi. Jika sudah, cari aplikasi google yang memiliki masalah, selanjutnya sentuh Copot Pemasangan Pembaruan, setelah itu klik oke.

Jika cara di atas telah selesai, lakukan pembaruan kembali pada aplikasi dan coba untuk kembali masuk ke akun google.

Baca juga : 10 Cara mengatasi situs ini tidak dapat dijangkau di chrome android

Demikian artikel di atas mengenai Tidak bisa masuk akun google setelah factory reset dan Cara Mengatasi. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi pembaca. Mohon Maaf dan Terima Kasih.

Tidak ada komentar untuk "Tidak bisa masuk akun google setelah factory reset dan Cara Mengatasinya"