Widget HTML Atas

Mengapa manusia perlu berkompetisi dan berkolaborasi

Konten [Tampil]

 

Mengapa manusia perlu berkompetisi dan berkolaborasi

Mengapa manusia perlu berkompetisi dan berkolaborasi - Alasan manusia perlu berkompetisi dan berkolaborasi adalah supaya manusia dapat mengalami perkembangan dan bertahan hidup. 

Karena ada kompetisi dan berkolaborasi ini manusia mengetahui kekuatan yang dimiliki dalam dirinya.

Berkompetisi dan berkolaborasi sendiri merupakan sudah kodrat manusia sebagai makhluk sosial.

Berkompetisi dan berkolaborasi bisa dilakukan lewat adanya hubungan sosial, baik di antara individu dengan individu, individu dengan suatu kelompok, dan juga kelompok dengan kelompok.

Hubungan sosial dilaksanakan karena ada beberapa faktor diantaranya :

  1. imitasi, adalah ada keinginan seorang untuk mengikuti seorang yang diidolakannya
  2.  sugesti, ada keinginan untuk pengaruhi atau terpengaruhi pada seseorang di kehidupan sosial
  3. identifikasi, ada keinginan supaya sifatnya sama misalnya dengan sifat orang yang diidolakannya
  4. empati, ialah kita bisa merasakan apa yang dirasa oleh orang lain. Seakan-akan kita ada diposisi orang itu
  5. Simpati, di antara simpati dan empati hampir sama, namun yang membandingkan adalah hanya perasaan belas kasih, rasa hormat, dan sebagainya tetapi kita tidak memposisikan kita sebagai orang itu
  6. motivasi, ada dorongan dari seorang yang mengiingatkan kita mengenai beberapa hal yang ingin kita raih.

Alasan Manusia Perlu Berkompetisi dan Berkolaborasi

Hubungan sosial yakni hal yang perlu dilakukan oleh manusia sebagai makhluk sosial. Lewat hubungan sosial, manusia bisa bertukar info dan memenuhi tuntutan hidup mereka.

Semakin baik kualitas hubungan sosial yang sudah dilakukan manusia, lebih mudah manusia bisa bertukar info dan penuhi kebutuhannya.

Dalam interaksi sosial, ada beragam kegiatan yang terjadi.

Contoh dari kegiatan itu adalah persaingan dan kerjasama. Memang, dampak dari ke-2 aktivitas itu tidak selamanya baik jika pelakunya melakukan dengan tidak bagus.

Tetapi, manusia masih tetap perlu untuk berkompetisi dan berkolaborasi di dalam kehidupannya. Berikut alasan mengapa manusia perlu berkompetisi dan berkolaborasi.

Kompetisi dan Kolaborasi didalam Kehidupan

Hubungan sosial penting dilakukan oleh manusia. Dikutip dari buku Ilmu Pengetahuan Sosial oleh Waluyo, sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa hidup sendiri.

Manusia akan memerlukan peran dari pihak lain. Oleh karena itu, di kehidupan manusia akan memerlukan interaksi sosial dengan manusia lain.

Dalam interaksi sosial, ada dua kegiatan yang akan dibahas dalam artikel ini, yaitu kompetisi dan kolaborasi.

Ke-2 hal yang ada dalam hubungan sosial ini penting untuk dilakukan manusia.

Alasan manusia perlu berkompetisi dan berkolaborasi yang utama adalah agar manusia dapat bertahan hidup dan berkembang mengikuti perubahan manusia lainnya di seiring jaman yang makin maju.

Tanpa kompetisi dan kolaborasi, pasti seorang manusia tidak akan mengetahui akan perkembangan itu.

Disamping itu, lewat kompetisi dan kolaborasi, manusia bisa ketahui potensi yang ada di dirinya.

Ini karena dalam dua aktivitas itu, seorang manusia akan dituntut untuk berbuat semampu mereka dalam persaingan dan kerja sama yang ada di kompetisi dan kolaborasi.

Alasan yang lain tidak kalah penting adalah manusia akan menjadi lebih semangat dan terpacu untuk lakukan suatu hal dalam kompetisi dan kolaborasi sama orang lain.

Tanpa kompetisi dan kolaborasi, hidup manusia bisa menjadi monoton, tanpa semangat, bahkan juga bisa menimbulkan depresi.

Begitu beberapa alasan manusia perlu berkompetisi dan berkolaborasi di kehidupan. Walau kadang rasanya berat, jadikanlah dua aktivitas itu sebagai tantangan supaya hidupmu semakin baik.

Demikian artikel di atas mengenai Mengapa manusia perlu berkompetisi dan berkolaborasi. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi pembaca. Mohon Maaf dan Terima Kasih.

Tidak ada komentar untuk "Mengapa manusia perlu berkompetisi dan berkolaborasi"