Widget HTML Atas

5 Cara Membuat Alat Penangkap Sinyal Wifi untuk HP dari Barang Bekas di Rumah, Jarak Jauh!

Konten [Tampil]

 

Cara Membuat Alat Penangkap Sinyal Wifi untuk HP

Cara Membuat Alat Penangkap Sinyal Wifi untuk HP dari Barang Bekas di Rumah - Alat penguat atau penangkap sinyal wifi di rumah, sering dibutuhkan untuk mendukung kebutuhan. Sudah tahu cara membuat alat penguat sinyal wifi dari barang bekas ini dirumah?

Sinyal wifi yang lemot alias lambat terkadang membuat kita kesal karena menghambat aktivitas. Padahal, paket internet yang terpasang di rumah kita sudah berkualitas premium dan memiliki kecepatan puluhan Mbps.

Saat Anda memeriksa ke pihak penyedia jasa pun, semua koneksi aman dan juga tidak ada yang terganggu. Sudah ganti password wifi berkali-kali juga tidak ada efek signifikan.

Jadi sebenarnya, apa yang salah pada sinyal wifi dirumah?

Ada beberapa faktor kenapa sinyal wifi lemah, contohnya router yang diletakkan pada ruangan yang tertutup sehingga tidak dapat memancarkan sinyal dengan baik ke segala tempat.

Apalagi ketika rumah Anda dibangun dari pondasi tembok beton yang cukup sulit ditembus. Selain itu, melemahnya sinyal wifi juga bisa disebabkan oleh area jangkauan wifi yang terlalu jauh. Hal tersebut membuat komputer atau ponsel tak bisa menangkap sinyal secara baik.

Ada sebuah cara membuat alat penguat sinyal wifi yang tidak perlu menghabiskan biaya besar. Ya, alat ini dibuat dari beberapa barang bekas. Bagaimana cara membuat alat penguat atau penangkap sinyal wifi untuk hp?

Dilansir dari berbagai sumber, mari simak bersama-sama di bawah ini :

Baca juga : 5 Cara memperkuat sinyal wifi di hp xiaomi yang lemah

Cara Membuat Alat Penguat atau Penangkap Sinyal Wifi dari Kaleng Bekas

Wadah minuman bekas ternyata bisa kita jadikan alat penguat sinyal wifi. Hal itu termasuk botol air mineral maupun kaleng minuman soda.

  1. Pertama, Anda siapkan barang-barang seperti cutter, spidol, wadah minuman bekas, alumunium foil, dan juga lem.
  2. Mengapa harus botol alumunium foil? karena, benda tersebut bisa memantulkan sinyal wifi dengan baik dari router.
  3. Botol minuman bekas dari kaleng soda atau botol air mineral yang sudah disiapkan sebelumnya, sekarang tinggal Anda beri garis memakai spidol sebagai penanda untuk dipotong.
  4. Potong dengan rapi dan juga simetris, jangan sampai kekecilan maupun terlalu besar.
  5. Kemudian rekatkan alumunium foil pada permukaan botol dengan memakai lem.
  6. Setelah itu buat lubang pada tutup botol sebagai tempat masuk antena wireless nanti.
  7. Jika akan mengaplikasikan pada botol air mineral, bentuknya akan berbeda akan tetapi tetap berfungsi sama.
  8. Sementara itu, kaleng soda bekas sebagai alat penguat sinyal wifi akan berwujud lebih mungil.
  9. Untuk kaleng soda, Anda bisa membelahnya menjadi dua bagian terpisah yaitu kiri dan kanan.
  10. Sementara itu, Anda tidak perlu membuat lubang karena kaleng soda sendiri sudah berbentuk seperti itu.

Cara  DIY ini, setidaknya dapat menjadi alat penguat sinyal wifi di rumah dengan cara meningkatkan kecepatan sebanyak 20 hingga 30 persen.

Cara Membuat Alat Penangkap Sinyal Wifi Jarak jauh untuk Hp

Alat penangkap sinyal Wifi jarak jauh di dalam rumah dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk penguat sinyal. Ada beberapa cara membuat alat penangkap sinyal Wifi jarak jauh untuk hp yang bisa dibuat tanpa Anda harus mengeluarkan modal yang banyak.

Terkadang modem Wifi yang dipakai kurang maksimal dalam menangkap sinyal Wifi sehingga menyebabkan sinyal wifi lemot. Saat ini banyak sekali alat untuk membantu penangkap sinyal Wifi tanpa perlu aplikasi yang sudah menjadi bagian dari perkembangan teknologi.

Walaupun kualitasnya sangat baik, hanya saja biaya yang harus digunakan untuk mendapatkan alat tersebut tidak murah. Berikut beberapa cara untuk membuat penangkap sinyal Wifi di hp :

1. Modifikasi Antena dengan Kaleng Bekas - Alat Penangkap Sinyal Wifi

Melakukan modifikasi antena menggunakan kaleng bekas dapat dijadikan salah satu cara membuat alat penangkap sinyal Wifi jarak jauh untuk hp. Seperti yang diketahui jika antena pada modem Wifi adalah nyawa untuk menangkap sinyal dari pusat pemancar.

Tetapi kadang antena masih belum dapat menangkap sinyal dari pemancar secara maksimal. Caranya dengan memakai kaleng bekas yang sudah dibersihkan dan dikeringkan, selanjutnya gunting bagian kepala dan kaki secara melingkar.

Untuk sisi kepala pastikan jangan sampai terputus karena akan dijadikan sanggahan pada antena. Kemudian membuka potongan kaleng yang menggulung dan masukan kedalam antena, maka sinyal akan tertangkap semakin banyak di hp.

2. Membuat Penguat Sinyal Wifi dengan Botol Bekas

Sedikit berbeda dengan alat penangkap sinyal Wifi awalnya, namun bahan yang dibutuhkan memakai botol tidak terpakai. Caranya botol dipotong sisi bawahnya sampai terbuka dan setengah keatas digunting hanya leher botol.

Selanjutnya potongan botol tadi dimasukkan pada antena modem. Maksudnya agar fokus tempat penangkapan sinyal Wifi lebih luas

3. Corong Besar Bekas untuk Wifi Booster - Penangkap Sinyal Wifi

Cara membuat alat penangkap sinyal Wifi jarak jauh untuk hp selanjutnya bisa dibuat memakai corong besar. Pertama potong sisi bawah corong setengahnya supaya memudahkan nantinya untuk ditempatkan ke antena modem.

Baru kemudian potong bagian setengah di atas corong sehingga sisi satunya lebih rendah dibanding sisi yang lain. Corong ini tadi bisa berfungsi sebagai Wifi booster karena akan menahan dan menangkap semakin banyak sinyal dari pemancar.

Sebetulnya semakin besar ukuran alat maka semakin besar juga sinyal yang akan tertahan. Oleh karena itu penggunaan sinyal Wifi semakin lebih optimal pada hp dan bisa mengurangi koneksi lemot.

4. Menggunakan Alumunium Foil untuk Penangkap Sinyal Wifi

Cara ini kali kemungkinan dibilang benar-benar unik karena perlu memakai alumunium foil. Bentuk alumunium foil jadi seperti corong dengan bagian bawah yang meruncing dan lebar pada bagian atasnya.

Semakin tebal alumunium semakin bagus, pastikan sisi kilat ada di luar karena bagian itu yang bisa memantulkan sinyal Wifi semakin kuat ke hp.

5. Merakit Sanggahan Modem Wifi di Tempat Tinggi

Seperti yang diketahui jika alat penangkap sinyal Wifi bukan hanya yang terkait langsung dengan antena, tetapi pendukung posisi modem. Cara membuat alat penangkap sinyal Wifi jarak jauh untuk hp yang paling akhir bisa dengan membuat sanggahan untuk modem Wifi.

Posisi dari modem harus tinggi dan bebas dari kendala alat elektronik. Oleh karena itu dibutuhkan alat sanggah tambahan supaya antena bisa menangkap sinyal lebih bagus lagi.

Cara ini yang umumnya sering dipakai oleh banyak orang karena memang pada dasarnya membutuhkan posisi yang tinggi. Sehingga hp akan memperoleh aliran sinyal dan jaringan yang bisa lebih cepat dari penggunaan Wifi umumnya.

Beberapa cara membuat alat penangkap sinyal Wifi jarak jauh untuk hp dapat dibuat tanpa perlu memakan dana yang cukup besar. Hanya memakai bahan bekas dan perlengkapan sederhana saja cukup untuk membuat alat yang menangkap sinyal Wifi dari jarak jauh. Yuk dicoba buat sendiri di rumah.

Demikian artikel di atas mengenai 5 Cara Membuat Alat Penangkap Sinyal Wifi untuk HP dari Barang Bekas di Rumah. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi pembaca. Mohon Maaf dan Terima Kasih.

Tidak ada komentar untuk "5 Cara Membuat Alat Penangkap Sinyal Wifi untuk HP dari Barang Bekas di Rumah, Jarak Jauh!"